Privasi Anda sangatlah penting bagi kami. Kami sangat menghargai Anda
karena telah mempercayai kami, dan karena itu kami berkomitmen untuk
melindungi segala informasi pribadi yang Anda berikan pada kami. Dokumen
ini, yang kami perbarui secara berkala, akan menjabarkan bagaimana kami
menggunakan dan memproses informasi pribadi Anda, juga tentang
bagaimana kami menggunakan cookie. Dokumen ini juga akan memberitahukan
Anda bagaimana Anda bisa menghubungi kami jika Anda memiliki pertanyaan
mengenai informasi pribadi Anda.
Booking.com menawarkan layanan travel online melalui website dan
aplikasi mobile kami sendiri, serta beragam platform online lainnya,
seperti website mitra dan jejaring sosial. Informasi yang akan
dijabarkan berikut juga berlaku untuk kesemua platform tersebut.
Privasi
Apa saja informasi pribadi yang Booking.com gunakan?
Saat Anda membuat pemesanan, Anda akan diminta untuk menyediakan
nama, alamat, nomor telepon, alamat email, informasi pembayaran, nama
tamu yang bepergian bersama Anda, dan preferensi masa inap Anda.
Untuk mempermudah proses pemesanan, Anda bisa membuka sebuah akun.
Dengan memiliki akun, Anda bisa menyimpan pengaturan pribadi Anda,
mengulas masa inap yang lalu, maupun mengelola masa inap yang akan
datang.
Saat Anda mengunjungi website kami, meskipun Anda tidak membuat
pemesanan, kami mungkin akan mengumpulkan informasi tertentu, seperti
alamat IP Anda, browser yang Anda gunakan, dan informasi tentang sistem
operasi komputer Anda, versi aplikasi, pengaturan bahasa, dan
halaman-halaman yang telah Anda kunjungi. Jika Anda menggunakan
perangkat mobile Anda, maka mungkin kami juga akan mengumpulkan data
untuk mengidentifikasi perangkat mobile Anda, pengaturan dan
karakteristik perangkat, serta informasi garis lintang/bujur dari lokasi
Anda.
Kami mungkin juga akan menarik informasi tentang Anda saat Anda menggunakan beberapa layanan media sosial tertentu.
Mengapa Booking.com mengumpulkan, menggunakan, dan membagi informasi pribadi Anda?
- Pemesanan: Terutama sekali, kami menggunakan informasi pribadi Anda untuk melengkapi dan mendaftarkan pemesanan online Anda, kemudian meneruskan rincian pemesanan Anda kepada pihak akomodasi yang telah Anda pesan.
- Layanan pelanggan: Kami menyediakan layanan pelanggan berkala internasional yang tersedia 24 jam setiap hari dari kantor-kantor lokal kami, dan dalam lebih dari 20 bahasa. Informasi pribadi Anda akan membantu tim Layanan Pelanggan kami untuk memberikan bantuan yang Anda butuhkan – termasuk untuk menemukan akomodasi yang terbaik dan menjawab segala pertanyaan terkait dengan pemesanan Anda.
- Ulasan tamu: Kami mungkin akan menghubungi Anda setelah Anda menginap lewat rincian kontak Anda dan mengundang Anda untuk menulis ulasan tamu. Hal ini dapat membantu wisatawan lain untuk memilih akomodasi yang paling sesuai bagi mereka.
- Administrasi akun: Kami menawarkan fasilitas akun pengguna di website kami. Kami menggunakan informasi yang Anda sediakan untuk menjalankannya dan memungkinkan Anda untuk mengelola pemesanan, memanfaatkan penawaran khusus, melakukan pemesanan awal dengan lebih mudah, dan mengelola pengaturan pribadi Anda. Pengaturan pribadi memungkinkan Anda untuk menyimpan dan membagikan daftar, foto, melihat akomodasi yang sudah pernah Anda cari, dan melihat informasi lain yang telah Anda sediakan terkait akomodasi dan destinasi. Pengaturan ini juga memungkinkan Anda untuk melihat ulasan yang pernah Anda kirim tentang tempat menginap Anda. Jika Anda mau, Anda bisa berbagi informasi tertentu dari akun pengguna Anda dengan membuat profil publik yang bisa menggunakan nama depan Anda atau nama julukan yang Anda pilih. Jenis informasi yang bisa Anda bagi dengan cara ini mencakup foto Anda, nama tempat yang pernah Anda inapi, daftar Anda, rencana penjalanan mendatang, ulasan Anda, dan informasi lain tentang akomodasi dan destinasi.
- Strategi pemasaran: Kami juga akan menggunakan informasi Anda untuk strategi pemasaran, seperti yang telah diizinkan oleh hukum. Contohnya:
- Saat Anda membuat pemesanan dengan kami atau membuat akun, kami mungkin akan menggunakan informasi kontak Anda untuk mengirimi Anda informasi-informasi mengenai produk dan layanan travel yang terkait. Kami juga akan mengirim newsletter secara berkala melalui email. Anda bisa memilih untuk tidak menerima ataupun berhenti berlangganan dari korespondensi pemasaran ini kapan saja.
- Berdasarkan dari informasi yang Anda bagi, kami juga akan menampilkan beragam penawaran yang dipersonalisasi di website Booking.com, aplikasi mobile, atau beberapa website pihak ketiga, termasuk situs jejaring sosial.
- Jika terdapat penawaran tertentu yang kami rasa sesuai bagi Anda, kami mungkin juga akan menghubungi Anda lewat telepon.
- Korespondensi lainnya: Ada kalanya kami juga akan menghubungi Anda melalui email, surat, telepon, atau SMS, tergantung pada kontak yang Anda bagi dengan kami. Terdapat beberapa alasan untuk ini:
- Kami perlu merespon dan memenuhi permintaan yang Anda sebutkan.
- Jika Anda tidak sempat menyelesaikan pemesanan Anda, kami mungkin akan mengirimi Anda email pengingat agar Anda bisa meneruskan pemesanan Anda. Kami yakin layanan ini akan sangat membantu bagi Anda, karena Anda tidak perlu mencari akomodasi dari awal atau mengisi ulang informasi yang diminta saat proses pemesanan.
- Saat Anda menggunakan layanan kami, mungkin kami akan mengirim survey atau undangan menulis ulasan tentang pengalaman Anda dengan Booking.com.
- Kami mungkin juga akan mengirim Anda beragam informasi yang terkait dengan pemesanan Anda, misalnya bagaimana menghubungi Booking.com jika Anda butuh bantuan dalam perjalanan Anda, atau ringkasan pemesanan sebelumnya yang Anda buat melalui Booking.com.
- Riset pasar: Terkadang kami akan meminta pengguna kami untuk ikut serta dalam riset pasar kami. Segala informasi pribadi tambahan yang Anda berikan sebagai bagian dari riset pasar ini hanya akan digunakan sesuai persetujuan Anda.
- Pencegahan dan pendeteksian penipuan: Kami mungkin akan menggunakan informasi pribadi untuk mencegah dan mendeteksi penipuan atau aksi illegal yang tak diinginkan lainnya.
- Meningkatkan layanan kami: Terakhir, kami akan menggunakan informasi pribadi untuk tujuan analisa guna meningkatkan layanan kami, kemudahan penggunaan, serta meningkatkan keseluruhan penggunaan dan kualitas layanan travel online kami.
Bagaimana Booking.com menggunakan jejaring sosial?
Kami menggunakan jejaring sosial untuk mempromosikan akomodasi mitra
kami juga untuk mempromosikan, meningkatkan, dan memfasilitasi layanan
kami sendiri. Misalnya, kami memiliki plug-in jejaring sosial yang
terintegrasi dengan situs Booking.com. Jadi saat Anda mengklik salah
satu tombol dan mendaftarkan akun Anda dengan akun jejaring sosial Anda,
beberapa informasi akan dibagi dengan penyedia akun jejaring sosial
Anda dan mungkin juga akan ditampilkan di profil akun jejaring sosial
Anda dan dibagi dengan orang-orang dalam jejaring Anda.
Di samping mengimplementasikan tombol-tombol ini, Booking.com juga
menggunakan jejaring sosial dengan memiliki akun di beberapa situs media
sosial dan menawarkan aplikasi jejaring sosial. Layanan media sosial
ini mungkin akan membagi beberapa informasi pribadi Anda dengan
Booking.com. Saat Anda mendaftarkan diri untuk aplikasi ini, Anda akan
diberitahu informasi mana saja yang akan dibagi dengan Booking.com.
Informasi yang Anda pilih untuk dibagi mungkin akan mencakup informasi
dasar yang terdapat di profil jejaring sosial Anda, alamat email, update
status, dan daftar teman Anda. Informasi ini dibutuhkan untuk
menciptakan pengalaman penggunaan yang unik, baik di aplikasi itu
sendiri maupun di website kami. Hal ini akan memfasilitasi beberapa hal,
misalnya mempersonalisasikan website kami agar sesuai dengan preferensi
Anda, menghubungkan Anda dengan teman-teman Anda, serta menganalisa dan
meningkatkan layanan travel kami untuk Anda.
Kami mungkin juga dapat mengizinkan Anda untuk login ke layanan
Booking.com melalui akun jejaring sosial Anda. Penyedia jejaring sosial
Anda dapat memberitahu Anda lebih lanjut tentang bagaimana mereka
menggunakan dan memproses data-data Anda dalam hal ini.
Bagaimana Booking.com membagi data saya dengan pihak ketiga?
Dalam beberapa situasi, kami mungkin membagi data pribadi Anda dengan beberapa pihak ketiga.
- Akomodasi yang Anda pesan: Untuk melengkapi pemesanan Anda, kami harus mentransfer beberapa rincian pemesanan kepada pihak akomodasi yang Anda pesan. Beberapa informasi ini mencakup nama Anda, informasi kontak, rincian pembayaran Anda, nama tamu yang bepergian dengan Anda, dan segala preferensi yang Anda sebutkan saat memesan.
- Perusahaan lainnya dalam jaringan Booking.com: Untuk memberikan bantuan selama proses pemesanan dan masa inap Anda, beberapa informasi pribadi Anda mungkin akan dibagi dengan anak perusahaan dari jaringan Booking.com. Untuk mendapat informasi lebih lanjut tentang jaringan perusahaan Booking.com, silakan kunjungi Tentang Booking.com. Informasi Anda mungkin juga akan dibagi dengan perusahaan anggota Priceline Group lainnya (Agoda.com, Rentalcars.com, dan Kayak.com). Informasi tersebut mungkin juga akan dianalisis guna memberikan penawaran-penawaran travel yang sesuai dengan keinginan Anda, juga untuk menawarkan layanan yang dipersonalisasi untuk Anda.
- Penyedia layanan pihak-ketiga: Kami mungkin menggunakan penyedia layanan pihak ketiga untuk memproses informasi pribadi Anda atas nama kami, untuk tujuan-tujuan yang disebutkan di atas. Misalnya, kami mungkin akan menggunakan pihak ketiga untuk mengirimkan informasi pemesanan Anda atas nama kami kepada pihak akomodasi yang Anda pesan, atau kami mungkin akan menghubungi pihak ketiga untuk menghubungi Anda. Jika dibutuhkan, kami mungkin juga bekerja dengan penyedia layanan pembayaran pihak ketiga untuk memfasilitasi proses pembayaran atau jaminan pembayaran. Kami juga bekerja dengan jaringan periklanan pihak ketiga untuk mempromosikan layanan dan akomodasi kami di platform-platform lainnya, atau melibatkan pihak ketiga guna kepentingan analisa. Para pihak ketiga yang terlibat dalam tujuan-tujuan ini akan diikat dengan perjanjian kerahasiaan dan tidak akan diizinkan untuk menggunakan informasi pribadi untuk kepentingan apapun kecuali apa yang dijabarkan di atas.
- Mitra bisnis kami: Kami bekerja sama dengan website-website mitra di seluruh dunia untuk mendistribusikan beragam akomodasi yang terdaftar di website dan aplikasi mobile kami. Saat Anda membuat pemesanan di salah satu website mitra kami ini, beberapa informasi tertentu yang Anda berikan mungkin akan dibagi juga dengan kami. Begitupun sebaliknya, kami mungkin juga akan membagi beberapa informasi dengan mitra bisnis kami, misalnya sebagai bagian dari pendaftaran akun Anda, untuk mengelola pemesanan Anda, untuk situasi-situasi di mana mereka perlu menjawab pertanyaan tentang pemesanan Anda, juga untuk tujuan marketing. Dalam konteks ini, informasi Anda akan diatur sesuai dengan kebijakan privasi dari mitra bisnis kami tersebut.
- Pihak yang berwajib: Kami mungkin akan membagi informasi pribadi Anda dengan pihak pemerintah atau pihak yang berwenang lainnya jika dibutuhkan oleh hukum yang berlaku (atau peraturan lainnya yang bersifat hukum). Situasi ini mencakup perintah pengadilan, panggilan yang berwajib, dan perintah lainnya yang berasal dari proses hukum dan penyelidikan kriminal. Kami mungkin juga akan mengungkapkan informasi pribadi Anda jika memang benar-benar dibutuhkan guna mencegah, mendeteksi, atau menuntut aksi kriminal.
Bagaimana Booking.com menggunakan perangkat mobile?
Kami memiliki aplikasi-aplikasi gratis untuk beragam perangkat mobile
dan menggunakan versi dari website reguler kami yang telah dioptimalkan
untuk perangkat mobile. Aplikasi dan website mobile ini memproses
informasi pribadi Anda dengan cara yang sama dengan website kami – dan
dengan aplikasi ini Anda juga bisa menggunakan layanan pendeteksi lokasi
untuk menemukan akomodasi di dekat Anda.
Bagaimana Booking.com menggunakan ulasan tamu dan informasi lain terkait destinasi yang telah Anda bagi kepada kami?
Setelah Anda menginap di akomodasi yang Anda pesan lewat kami, Anda
akan diundang untuk mengirim ulasan tamu dan mungkin akan diminta untuk
memberikan informasi tentang akomodasi terkait, lingkungannya, serta
destinasi terkait. Jika Anda tidak ingin memberi nama di ulasan Anda,
Anda bisa menggunakan nama julukan Anda (yang bisa Anda pilih di akun
Anda), atau Anda bisa memilih untuk menampilkan ulasan Anda secara
anonim. Dengan menulis ulasan tamu, Anda menyetujui bahwa ulasan
tersebut dapat ditampilkan (sebagaimana akan dijelaskan lebih lanjut di Syarat dan Ketentuan
kami) misalnya di halaman informasi akomodasi yang berkaitan di website
kami, di aplikasi mobile kami, di akun jejaring sosial kami dan di
aplikasi sosial kami, atau di website akomodasi yang berkaitan, atau di
website mitra kerja kami. Ulasan Anda berguna untuk memberi tahu
wisatawan lainnya tentang kualitas dan layanan dari akomodasi yang Anda
inapi.
Jika Anda merasa bahwa sebuah ulasan tamu itu membantu, atau
sebaliknya, kami akan menghimpun informasi itu bersama umpan balik
lainnya dari para konsumen untuk mengurutkan dan memprioritaskan ulasan
tamu. Kami mungkin akan menggunakan informasi dalam daftar Anda atau
dalam informasi lain terkait destinasi yang Anda sediakan dalam bentuk
anonim untuk membantu wisatawan lain menemukan destinasi yang tepat.
Cookie
Apa itu cookie?
Cookie adalah sejumlah kecil data yang ditempatkan oleh sebuah website di komputer seorang pengguna.
Mengapa website menggunakan cookie?
Halaman website tidak memiliki memori. Jika Anda menggunakan sebuah
website dan berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya, Anda tidak
akan dikenali sebagai orang yang sama. Dengan cookie, maka browser Anda
dapat mengenali website tersebut. Jadi cookie pada dasarnya digunakan
untuk mengingat pilihan yang sudah Anda buat sebelumnya, misalnya bahasa
dan mata uang yang Anda inginkan. Cookie juga memastikan bahwa website
tetap mengingat profil Anda saat Anda kembali mengunjunginya di waktu
selanjutnya.
Apakah semua cookie memiliki fungsi yang sama?
Tidak. Ada beberapa tipe cookie yang berbeda dan penggunaannya pun
berbeda. Cookie bisa dikategorikan berdasarkan fungsi, masa aktif, dan
sumbernya.
Bagaimana Booking.com menggunakan cookie?
Website kami menggunakan cookie jenis berikut ini:
- Cookie teknis: Kami berusaha untuk menyediakan website yang mutakhir dan mudah digunakan oleh pengunjung kami serta website yang bisa beradaptasi secara otomatis sesuai kebutuhan dan keinginan mereka. Untuk mencapai tujuan ini, kami menggunakan cookies teknis untuk menampilkan website kami kepada Anda, untuk memastikannya berfungsi secara benar, untuk membuat akun Anda, untuk fungsi login, dan untuk mengelola pemesanan Anda. Cookie teknis ini benar-benar dibutuhkan agar website kami bisa berjalan dengan seharusnya.
- Cookie fungsional: Kami juga menggunakan cookie fungsional yang fungsinya untuk menyimpan preferensi Anda dan untuk membantu Anda menggunakan website kami secara lebih mudah dan praktis. Sebagai contoh, untuk mengingat pilihan bahasa dan mata uang Anda, menyimpan pencarian yang sudah Anda lakukan, dan akomodasi-akomodasi yang sudah Anda lihat sebelumnya. Cookie fungsional ini tak sepenuhnya dibutuhkan untuk menjamin kinerja website kami, tapi cookie ini meningkatkan fungsionalitas website kami untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi Anda.
- Cookie analisa: Kami menggunakan cookie ini untuk memperoleh wawasan tentang cara pengunjung menggunakan website kami, untuk mencari tahu fungsi yang berguna dan yang tidak berguna, untuk mengoptimalkan dan meningkatkan website kami, serta memastikan website kami selalu menarik dan relevan. Data yang kami himpun mencakup halaman yang telah Anda lihat, halaman referensi/keluar tempat Anda masuk atau meninggalkan website, jenis platform yang Anda gunakan, informasi tanggal dan waktu, dan rincian lain seperti jumlah klik yang Anda buat di setiap halaman, pergerakan mouse Anda, guliran pada halaman, kata kunci yang Anda gunakan, dan teks yang Anda ketik saat menggunakan website kami. Kami juga menggunakan cookie analitik sebagai bagian dari kampanye promosi online kami untuk mempelajari interaksi pengguna dengan website kami setelah mereka diperlihatkan kampanye online kami, yang mencakup iklan di website pihak ketiga. Kami tidak akan mengetahui data diri Anda dan kami hanya akan memperoleh data yang anonim.
- Cookie komersial: Kami menggunakan ini untuk menampilkan iklan Booking.com di website lain kepada Anda. Ini disebut "retargeting" dan tujuannya didasarkan kepada aktivitas browsing Anda di website kami, termasuk saat Anda mencari destinasi, akomodasi yang Anda lihat, dan harga yang ditampilkan kepada Anda.
Berapa lama cookie Booking.com bertahan aktif?
Booking.com menggunakan beberapa cookie, dan masing-masing memiliki
masa aktif yang berbeda. Masa aktif maksimal yang telah kami set adalah
sampai dengan 5 tahun. Semua cookie bisa dihapus dari browser kapanpun
Anda mau. Untuk menghapus cookie Booking.com dari browser Anda, silakan
klik link berikut (harap dicatat bahwa dengan mengklik link ini, semua
cookie Booking.com akan langsung dihapus) Purge Cookie.
Bagaimana caranya saya mengenali cookie dari Booking.com?
Anda bisa menemukan cookie Booking.com di pengaturan (setting) browser Anda.
Apakah Booking.com menggunakan cookie pihak ketiga?
Ya, Booking.com menggunakan layanan dari perusahaan iklan dan
pemasaran yang telah terpercaya dan diakui. Booking.com mungkin juga
menggunakan penyedia pihak ketiga guna tujuan analisa. Untuk bisa
menggunakan layanan dari mereka, perusahaan ini harus menempatkan
cookie-cookie mereka.
Penyedia layanan yang kami gunakan berkomitmen untuk membangun
kesadaran pengguna dan menerapkan praktik serta standar bisnis dan
pengelolaan data yang bertanggung jawab.
Untuk kerja sama dengan perusahaan iklan dan marketing online, kami
berusaha untuk bekerja hanya dengan anggota Network Advertising
Initiative (NAI) dan/atau Interactive Advertising Bureau (IAB). Para
anggota NAI dan IAB berkomitmen untuk mematuhi standar-standar serta
kode etis industri. Anggota NAI dan IAM menawarkan pilihan opt-out dari
praktik iklan keperilakukan (behavioral advertising). Silakan kunjungi www.networkadvertising.org dan www.youronlinechoices.com
untuk mengetahui anggota NAI yang telah menempatkan file cookie iklan
di komputer Anda. Untuk memilih opt-out dari iklan keperilakukan anggota
NAI atau IAB, silakan centang kotak dari perusahaan yang Anda
maksudkan.
Untuk mengatur proses pengumpulan data guna tujuan analisa yang dilakukan oleh Google Analytis, Anda bisa mengunjungi Google Analytics Opt-out Browser Add-on.
Siapa yang memiliki akses ke data cookie Booking.com?
Hanya Booking.com yang memiliki akses ke data cookie Booking.com.
Cookie yang ditempatkan oleh pihak ketiga hanya bisa diakses oleh pihak
ketiga tersebut.
Bagaimana saya dapat mengelola preferensi cookie?
Di pengaturan (setting) browser Anda (mis. Internet Explorer, Safari,
Firefox, Chrome), Anda bisa mengatur cookie mana saja yang ingin Anda
terima dan tolak. Di mana pengaturan ini terletak adalah tergantung pada
browser Anda. Gunakan fungsi “Help” browser Anda untuk mencari fungsi
pengaturan yang dimaksud.
Jika Anda menolak cookie tertentu, Anda mungkin tidak bisa
menggunakan beberapa fitur website kami. Harap diingat juga bahwa dengan
memilih opt-out dari sebuah jaringan periklanan, bukan berati Anda akan
tidak lagi menerima iklan-iklan online ataupun analisa pemasaran. Ini
hanya berarti bahwa jaringan iklan yang Anda tolak tidak akan lagi
mengirimkan iklan-iklan yang telah dipersonalisasikan sesuai dengan
website favorit dan pola penggunaan internet Anda.
Apakah Booking.com menggunakan web beacon?
Selain cookie, Booking.com terkadang juga menggunakan web beacon. Web
beacon adalah sebuah gambar kecil berukuran 1 pixel yang dikirimkan ke
komputer Anda, baik sebagai bagian dari web page request atau sebuah
email HTML. Baik secara langsung atau melalui sebuah penyedia layanan,
kami menggunakan pixel ini sebagai bagian dari iklan online kami, baik
di website kami maupun di website pihak-ketiga untuk mengetahui apakah
seorang pengguna yang melihat iklan online pada akhirnya membuat
pemesanan; untuk meneliti tingkat konversi dari website mitra; dan untuk
menganalisa pola traffic pengguna guna mengoptimalkan layanan travel
yang kami tawarkan pada Anda.
Keamanan
Langkah-langkah apa saja yang ditempuh Booking.com untuk melindungi informasi pribadi saya?
Sesuai dengan undang-undang perlindungan data Eropa, Booking.com
menerapkan prosedur pengamanan yang ketat untuk mencegah penyalahgunaan
data pribadi dan akses yang tak berwenang.
Kami telah menerapkan dan menggunakan sistem serta prosedur bisnis
yang sesuai untuk melindungi informasi pribadi yang Anda berikan pada
kami. Selain itu, kami juga telah menerapkan dan menggunakan prosedur
serta batasan-batasan teknis dan fisik untuk siapa saja yang dapat
mengakses dan menggunakan data pribadi pelanggan kami. Hanya pegawai
yang berwenang dan berizin yang dapat mengakses data pribadi Anda dan
ini semata-mata untuk menjalankan tugas mereka dalam menyediakan layanan
kami.
Rincian kartu kredit Anda akan kami simpan selama maksimal 10 hari
setelah pemesanan dibuat. Setelah masa tersebut, data kartu kredit Anda
akan selamanya dihapus dari sistem kami atau tetap berada di sistem guna
mendeteksi jika terdapat kasus penipuan. Terdapat pengecualian jika
Anda memang telah memilih untuk menyimpan informasi kartu kredit Anda di
akun pribadi Anda.
Anak-anak
Layanan yang ditawarkan oleh Booking.com tidak ditujukan untuk
anak-anak di bawah usia 18 tahun. Penggunaan layanan kami diizinkan
hanya bila terdapat izin yang berlaku dari orang tua atau wali anak.
Saat kami menerima pemesanan dari anak berusia di bawah 18 tahun, kami
berhak untuk membatalkannya.
Kontak
Bagaimana saya mengontrol informasi pribadi yang telah saya berikan pada Booking.com?
Anda selalu dapat meninjau data pribadi yang telah Anda simpan di
sistem kami. Anda dapat meminta tinjauan data pribadi Anda dengan
mengirimi kami email di: customer.service@booking.com.
Harap cantumkan di kolom judul email Anda 'request personal data'
('permintaan data pribadi'), dan sertakan salinan kartu identitas Anda
agar kami dapat mencegah penggunaan tak berwenang.
Jika data pribadi Anda tidak benar, kami akan mengubahnya sesuai
permintaan Anda. Anda juga bisa meminta Booking.com untuk menghapus data
pribadi Anda dari database kami dengan mengirimi kami email ke customer.service@booking.com
dengan judul email “request for removal of personal information”. Namun
perlu dicatat bahwa kami perlu menyimpan beberapa informasi tertentu
misalnya untuk kepentingan hukum dan administrasi, seperti untuk
menyimpan catatan atau mendeteksi aksi penipuan. Anda bisa menghapus
akun pribadi Anda kapan saja dengan cara login ke akun Anda di website
Booking.com dan memilih untuk menghapus akun Anda.
Siapakah yang bertanggung jawab dalam memproses informasi pribadi di website dan aplikasi Booking.com?
Booking.com B.V. adalah pihak yang bertanggung jawab dalam memproses
segala data pribadi di website dan aplikasinya. Booking.com B.V. adalah
sebuah perusahaan swasta perseroan terbatas, didirikan di bawah hukum
Belanda dan memiliki kantornya di Herengracht 597, 1017 CE, Amsterdam,
Belanda. Nomor Notifikasi Badan Perlindungan Data Belanda adalah
1288246. Jika Anda memiliki saran atau komentar tentang kebijakan
privasi ini, silakan kirim email ke: customer.service@booking.com.
Terakhir diperbarui pada Februari 2014