Syarat dan ketentuan

Syarat dan ketentuan ini, sebagaimana bisa saja diubah dari waktu ke waktu, berlaku untuk semua layanan, langsung atau tidak langsung (melalui distributor) yang tersedia online, melalui perangkat seluler apa pun, melalui email, atau telepon. Dengan mengakses, menjelajah, dan menggunakan website kami atau salah satu aplikasi kami melalui platform apa pun (setelahnya disebut “website”) dan/atau dengan menyelesaikan reservasi, Anda mengetahui dan menyetujui untuk membaca, memahami, dan menyetujui syarat dan ketentuan yang tercantum di bawah ini (termasuk kebijakan privasi).
Halaman-halaman ini, konten dan infrastruktur dari halaman-halaman ini, serta layanan reservasi akomodasi yang disediakan oleh halaman-halaman ini dan melalui website ("layanan") dimiliki, dijalankan, dan disediakan oleh Booking.com B.V. ("Booking.com", "kami"), dan tersedia untuk penggunaan personal non-komersial saja, tunduk pada syarat dan ketentuan yang tercantum di bawah ini.

1. Lingkup dari Layanan Kami

Melalui website ini, kami (Booking.com B.V. dan mitra-mitra afiliasi (distributor)-nya), menyediakan sebuah platform online yang melaluinya termasuk semua tipe akomodasi sementara (misalnya, hotel, motel, hostel serta bed & breakfast, dan akomodasi lainnya) dapat mengiklankan kamar-kamar mereka untuk reservasi, dan yang melaluinya pengunjung website ini dapat membuat reservasi tersebut. Dengan membuat reservasi melalui Booking.com, Anda akan memasuki sebuah hubungan kontrak langsung (mengikat secara hukum) dengan akomodasi yang Anda pesan. Sejak saat membuat reservasi Anda, kami bertindak hanya sebagai perantara antara Anda dan pihak akomodasi, mengirimkan rincian reservasi ke pihak akomodasi yang terkait dan mengirimkan Anda email konfirmasi untuk dan atas nama pihak akomodasi .
Saat menyediakan layanan kami, informasi yang kami singkap adalah berdasarkan pada informasi yang diberikan oleh pihak penyedia akomodasi kepada kami. Terkait dengan itu, pihak akomodasi diberikan akses ke ekstranet di mana mereka bertanggung jawab penuh untuk memperbarui semua tarif, ketersediaan, dan informasi lainnya yang ditampilkan di website kami. Meskipun kami akan menggunakan kemampuan dan perhatian yang sepatutnya dalam melakukan layanan kami, kami tidak akan memverifikasi jika, dan tidak dapat menjamin bahwa, semua informasi akurat, lengkap, atau benar, dan kami juga tidak memegang tanggung jawab untuk segala kesalahan (termasuk kesalahan yang dilakukan maupun kesalahan tulis), segala gangguan (baik yang dikarenakan kerusakan (sementara dan/atau sebagaian), perbaikan, peningkatan, ataupun pemeliharaan dari website kami atau sebaliknya), informasi yang tidak akurat, menyesatkan, atau tidak benar, maupun informasi yang tidak disampaikan. Tiap akomodasi tetap bertanggung jawab di setiap waktu atas keakuratan, kelengkapan, dan kebenaran dari informasi (deskriptif) (termasuk tarif dan ketersediaan) yang ditampilkan di website kami. Website kami bukan merupakan dan semestinya tidak dianggap sebagai rekomendasi atau promosi dari kualitas, tingkat layanan, atau ranking dari akomodasi mana pun yang tersedia.
Layanan kami tersedia hanya untuk penggunaan pribadi dan non-komersial. Karena itu, Anda tidak diperbolehkan untuk menjual kembali, menempatkan deep-link, menggunakan, menyalin, mengawasi (misal, laba-laba atau mengikir (scrape)), menampilkan, men-download, atau mereproduksi konten atau informasi, piranti lunak (software), produk, atau layanan apa pun yang tersedia di website kami untuk kegiatan atau tujuan komersial atau kompetitif apa pun.

2. Harga dan Jaminan Harga Terbaik

Harga-harga di situs kami sangatlah kompetitif. Semua harga di website Booking.com adalah per kamar untuk seluruh masa inap Anda dan ditampilkan dengan mencakup PPN dan semua pajak lainnya (bergantung pada perubahan pada pajak-pajak tersebut), kecuali jika dinyatakan berlainan pada website kami atau di email konfirmasi.
Terkadang harga yang lebih murah tersedia di website kami untuk masa inap tertentu di sebuah akomodasi, namun, harga-harga yang diberlakukan oleh pihak penyedia akomodasi ini mungkin saja memiliki syarat dan ketentuan khusus, misalnya, yang berkaitan dengan pembatalan dan pengembalian dana. Sebelum melakukan reservasi, harap periksa rincian kamar dan harga yang Anda pesan secara saksama untuk melihat ketentuan ini.
Tentang harga yang dicoret, ini artinya kami telah membandingkan harga yang (akan) dikenakan akomodasi dalam periode 30 hari sebelum dan setelah tanggal check-in Anda. Dari semua harga ini, kami ambil 3 harga tertinggi yang ditawarkan. Dan untuk memastikan perbandingan yang adil, kami selalu menggunakan ketentuan pemesanan yang sama (seperti paket makanan, kebijakan pembatalan, dan tipe kamar). Ini artinya Anda mendapat kamar yang sama dengan harga yang lebih rendah dibandingkan dengan tanggal lainnya di tahun yang sama.
Kami ingin Anda membayar harga yang serendah mungkin untuk masa inap Anda di akomodasi manapun. Jika Anda menemukan akomodasi Anda, dengan ketentuan pemesanan yang sama, namun dengan harga yang lebih rendah di Internet setelah Anda membuat pemesanan dengan kami, maka kami akan menyamakan selisih antara harga kami dan harga yang lebih rendah tersebut di bawah syarat dan ketentuan Jaminan Harga Terbaik.
Pengkonversi kurs di website dibuat hanya untuk tujuan informasi saja dan sebaiknya tidak diandalkan sebagai informasi yang akurat dan real-time; tarif yang sebenarnya bisa saja berbeda.
Setiap kesalahan yang jelas (termasuk salah cetak) bersifat tidak mengikat.
Semua promosi dan penawaran spesial akan diberi tanda yang sesuai.

3. Privasi dan cookie

Booking.com menghormati privasi Anda. Silakan lihat kebijakan privasi dan cookie untuk informasi lebih lanjut

4. Tanpa biaya

Layanan kami gratis karena, tidak seperti pihak lainnya, kami tidak akan mengenakan biaya atas layanan kami atau biaya (pemesanan) tambahan ke dalam harga kamar.

5. Kartu kredit

Jika memungkinkan dan tersedia, penyedia akomodasi tertentu akan menawarkan pemesanan untuk (sepenuhnya atau sebagian, sebagaimana diuraikan dalam kebijakan pembayaran dari pihak akomodasi) dibayarkan secara langsung kepada penyedia akomodasi selama proses pemesanan melalui metode pembayaran online yang aman (selama bank Anda bisa menawarkan layanan dan mendukung metode itu). Pembayaran diproses secara aman melalui pihak-ketiga yang akan memproses pembayaran dan dikenakan langsung dari kartu kredit/debit Anda, atau melalui rekening bank Anda dengan rekening bank penyedia akomodasi.
Untuk tarif (yang tidak dapat dikembalikan) dan penawaran khusus tertentu, harap dicatat bahwa pihak akomodasi membutuhkan pembayaran di awal dengan transfer bank (jika tersedia) atau dengan kartu kredit, dan oleh karena itu, kartu kredit Anda mungkin akan di-pra-otorisasi atau dikenai biaya (terkadang tanpa opsi pengembalian dana) pada saat melakukan pemesanan. Silakan lihat rincian kamar secara saksama untuk ketentuan semacam ini sebelum membuat reservasi Anda.
Dalam kasus penipuan kartu kredit atau penggunaan tak berwenang dari kartu kredit Anda oleh pihak-pihak ketiga, sebagian besar bank dan perusahaan kartu kredit akan menanggung risiko dan menutup semua biaya yang muncul dari penipuan atau penyalahgunaan tersebut, yang terkadang akan terpengaruh oleh suatu pengurangan (biasanya ditetapkan pada EUR 50 (atau yang setara di mata uang lokal Anda)). Jika perusahaan kartu kredit atau bank mengenakan biaya pengurangan pada Anda yang berasal dari transaksi tak berwenang dari sebuah reservasi yang dibuat di website kami, maka kami akan membayar Anda dengan biaya pengurangan ini, sampai dengan total biaya EUR 50 (atau yang setara di mata uang lokal Anda). Untuk dapat mengganti rugi Anda, harap pastikan bahwa Anda melaporkan penipuan ini kepada penyedia kartu kredit Anda (sesuai dengan aturan dan prosedur pelaporannya) dan langsung hubungi kami melalui email. (customer.relations@booking.com). Harap cantumkan 'credit card fraud' (‘penipuan kartu kredit’) pada kolom judul dari email Anda dan berikan kami bukti-bukti dari biaya yang dikenakan (misal, kebijakan dari perusahaan kartu kredit). Kebijakan ganti rugi ini hanya berlaku pada pemesanan kartu kredit yang dilakukan menggunakan server aman Booking.com dan penggunaan tak berwenang dari kartu kredit Anda yang berasal dari kesalahan atau kecerobohan kami dan tidak berasal dari kesalahan Anda saat menggunakan server aman.

6. Pembatalan

Dengan membuat reservasi pada akomodasi, maka Anda menerima dan setuju dengan kebijakan pembatalan dan ketidakdatangan dari akomodasi tersebut, serta segala syarat dan ketentuan (penyediaan) tambahan dari akomodasi itu yang mungkin berlaku untuk pemesanan ataupun selama masa inap Anda, termasuk layanan-layanan yang disediakan dan/atau produk-produk yang ditawarkan oleh pihak akomodasi (syarat dan ketentuan penyediaan akomodasi dapat diperoleh dari pihak penyedia akomodasi yang terkait). Kebijakan pembatalan dan ketidakdatangan umum dari tiap akomodasi tersedia di website kami di halaman informasi akomodasi tersebut, selama proses reservasi, maupun di email konfirmasi. Harap dicatat bahwa tarif atau penawaran tertentu tidak memenuhi syarat untuk pembatalan atau pengubahan. Harap periksa rincian kamar secara saksama untuk ketentuan semacam itu sebelum membuat reservasi Anda. Harap dicatat bahwa reservasi yang memerlukan uang muka (sebagian atau penuh) atau pembayaran di muka dapat dibatalkan (tanpa pemberitahuan sebelumnya tentang kegagalan pembayaran atau tanpa peringatan) selama jumlah (yang tersisa) tidak bisa dipungut sepenuhnya pada tanggal pembayaran yang terkait menurut kebijakan pembayaran yang relevan dari pihak akomodasi dan pemesanan. Pembayaran yang terlambat, rincian bank, kartu debit atau kredit yang salah, kartu kredit/debit yang tidak valid, atau dana yang tidak mencukupi adalah risiko yang Anda tanggung sendiri dan Anda tidak akan mendapatkan pengembalian uang atas jumlah yang telah dibayarkan (yang tidak dapat dikembalikan) kecuali pihak akomodasi setuju atau mengizinkannya dalam kebijakan uang muka dan pembatalannya.
Jika Anda ingin melihat ulang, menyesuaikan, atau membatalkan pemesanan Anda, harap merujuk pada email konfirmasi dan ikuti instruksi di dalamnya. Harap dicatat bahwa Anda mungkin saja dikenakan biaya terhadap pembatalan sesuai dengan kebijakan akomodasi mengenai pembatalan, uang muka, dan ketidakdatangan, atau tidak berhak mendapatkan pembayaran kembali dari jumlah apa pun yang telah dibayarkan. Kami menyarankan Anda untuk membaca kebijakan pembatalan, uang muka, dan ketidakdatangan akomodasi secara saksama sebelum membuat reservasi dan ingatlah untuk melakukan pembayaran lanjutan tepat waktu sesuai dengan yang diminta oleh reservasi yang Anda buat.

7. Korespondensi lebih lanjut

Dengan membuat pemesanan, Anda berarti setuju untuk menerima (i) email yang akan segera kami kirimkan pada Anda sebelum tanggal check-in Anda, yang mencantumkan informasi mengenai tujuan Anda serta informasi dan penawaran tertentu (termasuk penawaran dari pihak ketiga sejauh yang telah Anda pilih sendiri) yang terkait dengan pemesanan dan tujuan Anda, dan (ii) email yang akan segera kami kirimkan setelah masa inap Anda di akomodasi, untuk mengundang Anda mengisi formulir ulasan tamu. Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana kami dapat menghubungi Anda, silakan lihat kebijakan privasi dan cookie kami.

8. Ranking dan Ulasan Tamu

Pengaturan default dari ranking akomodasi di website kami adalah 'Rekomendasi' (atau semacamnya) ("Ranking Default"). Untuk kenyamanan Anda, kami juga menawarkan cara lainnya untuk memberikan peringkat akomodasi. Harap dicatat bahwa Ranking Default dibuat melalui sebuah sistem ranking otomatis (algoritme) berdasarkan beberapa kriteria.
Formulir ulasan tamu yang telah Anda selesaikan mungkin saja akan (a) diupload-ke halaman informasi akomodasi yang terkait di website kami untuk tujuan semata-mata memberitahukan (calon) pelanggan tentang pendapat Anda mengenai (tingkat) layanan dan kualitas dari akomodasi terkait, dan (b) (sebagian atau seluruhnya) digunakan atau ditempatkan oleh Booking.com atas kebijakannya sendiri (mis. untuk pemasaran, promosi, atau peningkatan layanan kami) di website kami atau platform media sosial lainnya, seperti newsletter, promosi spesial, aplikasi, atau media lainnya yang dimiliki, diselenggarakan, digunakan, atau dikendalikan oleh Booking.com dan mitra bisnis kami. Kami berhak untuk menyesuaikan, menolak, ataupun menghapus formulir ulasan sesuai dengan kebijakan kami. Formulir ulasan tamu sebaiknya dianggap sebagai sebuah survei dan tidak mencakup penawaran (komersial lebih lanjut), undangan, atau insentif dalam bentuk apa pun.

9. Penolakan

Sesuai dengan batasan-batasan yang tercantum pada syarat dan ketentuan ini dan sejauh yang diizinkan oleh hukum, kami hanya bertanggung jawab terhadap kerusakan langsung yang menimpa, dibayar oleh, atau terjadi kepada Anda yang dikarenakan oleh kekurangan dari kewajiban kami yang terkait dengan layanan kami, sampai dengan total jumlah dari total biaya pemesanan Anda, sebagaimana yang tercantum pada email konfirmasi (baik untuk satu kejadian ataupun serangkaian kejadian yang saling terhubung).
Namun, baik kami maupun para staf, direktur, pegawai, perwakilan, anak perusahaan, perusahaan afiliasi, distributor, mitra afiliasi (distributor), pemegang lisensi, agen, atau pihak lainnya yang terlibat dalam membuat, mensponsori, mempromosikan, atau dengan kata lain menyediakan situs dan kontennya ini, bertanggung jawab untuk (i) segala kerugian atau kerusakan yang dapat dihukum, khusus, tak langsung, dan konsekuensial, kerugian produksi, kerugian profit, kerugian pendapatan, kerugian kontrak, kerugian atau kerusakan dari niat baik atau reputasi, kehilangan tuntutan, (ii) segala ketidakakuratan yang terkait dengan informasi (deskriptif) (termasuk tarif, ketersediaan, dan ranking) dari akomodasi-akomodasi yang tersedia di website kami, (iii) layanan yang disediakan atau produk yang ditawarkan oleh pihak penyedia akomodasi atau mitra bisnis lainnya, (iv) segala kerusakan (langsung, tidak langsung, konsekuensial atau yang dapat dihukum), kerugian, atau biaya yang diderita, ditanggung, atau dibayar oleh Anda, dikarenakan, muncul dari, atau yang terhubung dengan penggunaan, ketidakmampuan penggunaan, atau kelambatan dari website kami, atau (v) untuk segala cidera (personal), kematian, kerusakan properti, atau kerusakan (langsung, tidak langsung, konsekuensial atau yang dapat dihukum) lainnya, kerugian, atau biaya yang diderita, ditanggung, atau dibayar oleh Anda, baik yang disebabkan oleh tindakan (hukum), kesalahan, pelanggaran, keteledoran (yang keterlaluan), tindakan jahat yang disengaja, kelalaian, non-kinerja, kekeliruan dalam penyajian, kesalahan, kewajiban yang ketat oleh atau (sebagian atau seluruhnya) yang berhubungan dengan pihak penyedia akomodasi atau mitra bisnis kami yang lain (termasuk juga staf, direktur, pegawai, agen, perwakilan, atau perusahaan afiliasinya) yang produk atau jasanya (baik secara langsung atau tidak langsung) tersedia, ditawarkan atau dipromosikan di atau melalui website, termasuk segala pembatalan (sebagian), pemindahan pemesanan, pemogokan, keadaan kahar, atau kejadian-kejadian lain yang di luar kendali kami.
Apakah akomodasi tempat Anda menginap mengenakan biaya (atau telah mengenakan biaya) untuk kamar Anda, atau kami memfasilitasi pembayaran untuk harga kamar, Anda setuju dan menerima bahwa pihak akomodasi bertanggung jawab untuk atas pemungutan, penangguhan, pengiriman dan pembayaran atas pajak yang berlaku sesuai dengan jumlah total harga kamar kepada pihak pengurus pajak. Booking.com tidak bertanggung jawab atas pengiriman, pemungutan, penangguhan atau pembayaran atas pajak yang berlaku sesuai dengan jumlah total harga kamar kepada pihak pengurus pajak
Dengan mengunggah foto/gambar ke sistem kami (misalnya, sebagai tambahan dari ulasan) Anda mengesahkan, menjamin, dan setuju bahwa Anda memiliki hak cipta atas foto/gambar tersebut dan Anda setuju bahwa Booking.com boleh menggunakan foto/gambar yang telah diunggah pada website (mobile) dan aplikasinya, dan pada materi promosi serta publikasinya (online/offline) dan sebagaimana yang dianggap layak oleh Booking.com. Anda memberikan hak dan lisensi yang bersifat non-eksklusif, global, tidak dapat dibatalkan, tanpa syarat, dan kekal kepada Booking.com untuk menggunakan, mereproduksi, menayangkan, sudah mereproduksi, mendistribusikan, memberikan sublisensi, mengkomunikasikan, dan menyediakan foto/gambar tersebut sebagaimana dianggap layak oleh Booking.com. Dengan mengunggah foto/gambar ini, orang yang mengunggah foto menerima tanggung jawab hukum dan moral penuh atas segala dan semua tuntutan hukum yang diajukan pihak ketiga mana pun (termasuk dan tidak terbatas kepada pemilik akomodasi) akibat penerbitan dan penggunaan foto/gambar oleh Booking.com. Booking.com tidak memiliki atau menyokong foto/gambar yang diunggah. Kebenaran, keabsahan, dan hak penggunaan semua foto/gambar ditanggung oleh orang yang mengunggah foto dan bukan merupakan tanggung jawab Booking.com. Booking.com menyangkal semua tanggung jawab dan kewajiban atas foto-foto yang dikirimkan. Orang yang mengunggah foto menjamin bahwa foto/gambarnya tidak mengandung virus, Trojan horse, atau berkas yang terinfeksi, dan tidak akan mengandung unsur pornografi, melawan hukum, cabul, penghinaan, tidak menyenangkan, ataupun tidak pantas, serta tidak akan melanggar hak (intelektual, cipta atau privasi) pihak ketiga mana pun. Semua foto/gambar yang tidak memenuhi kriteria yang telah disebutkan tidak akan ditampilkan dan/atau bisa dicabut/dihapus oleh Booking.com sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

10. Hak kekayaan intelektual

Kecuali dinyatakan berlainan, piranti lunak (software) yang dibutuhkan oleh layanan kami atau yang tersedia di atau yang digunakan oleh website kami dan hak kekayaan intelektual (termasuk hak cipta) dari konten dan informasi dan materi di website kami dimiliki oleh Booking.com B.V., pemasok, dan penyedianya.
Booking.com secara eksklusif memegang kepemilikan atas hak, judul dan kepentingan pada dan dari (semua hak kekayaan intelektual dari) (tampilan dan nuansa (termasuk infrastruktur) dari) situs di mana layanan ini tersedia (termasuk ulasan tamu dan konten terjemahan) dan dilarang untuk menyalin, mengambil, menghubungkan, mempublikasikan, memasarkan, mempromosikan, menggabungkan, menggunakan, menyatukan atau sebaliknya menggunakan konten (termasuk terjemahan dan ulasan tamu) atau produk kami tanpa persetujuan tertulis. Jika ingin menggunakan (sebagian atau seluruhnya) atau menggabungkan konten (yang diterjemahkan) kami (termasuk ulasan tamu) atau sebaliknya ingin memiliki hak kekayaan intelektual terhadap situs atau setiap konten (yang diterjemahkan) atau ulasan tamu, dengan ini Anda memberikan dan mengalihkan semua hak kekayaan intelektual kepada Booking.com. Untuk setiap penggunaan yang melanggar hukum atau tindakan atau perilaku seperti yang telah disebutkan di atas merupakan bentuk pelanggaran terhadap hak kekayaan intelektual kami (termasuk hak cipta dan basis data).

11. Lain-lain

Syarat dan ketentuan serta penyediaan layanan kami diatur dan diinterpretasi sesuai dengan hukum Belanda dan segala perselisihan yang muncul dari syarat dan ketentuan umum serta layanan kami hanya akan dikirimkan kepada pengadilan yang berwenang di Amsterdam, Belanda.
Versi asli berbahasa Inggris dari syarat dan ketentuan ini bisa jadi diterjemahkan ke bahasa-bahasa lain. Versi terjemahan dibuat hanya untuk kemudahan dan merupakan terjemahan kantor saja dan Anda tidak dapat menuntut hak dari versi terjemahan ini. Jika terjadi perselisihan tentang konten atau penafsiran dari syarat dan ketentuan ini ataupun ketidaksesuaian atau penyimpangan antara versi bahasa Inggris dan versi bahasa lainnya dari syarat dan ketentuan ini, maka yang berlaku dan bersifat menentukan adalah versi bahasa Inggris. Versi bahasa Inggris tersedia pada website kami (dengan memilih bahasa Inggris) atau dapat dikirimkan kepada Anda atas permintaan tertulis.
Jika terdapat aturan dari syarat dan ketentuan ini yang atau yang menjadi tidak valid, tidak memiliki kekuatan hukum, atau tidak mengikat, maka Anda akan tetap terikat pada semua aturan lainnya dalam perjanjian ini. Dalam kasus tersebut, aturan yang tidak valid tersebut, bagaimanapun juga, tetap harus dilaksanakan sejauh yang diizinkan oleh hukum yang berlaku, dan Anda akan paling tidak setuju untuk menerima efek yang sama dengan seperti aturan yang tidak valid, tidak memiliki kekuatan hukum, atau tidak mengikat tersebut, sesuai dengan konten dan tujuan dari syarat dan ketentuan ini.

12. Tentang Booking.com dan perusahaan cabang

Semua layanan pemesanan akomodasi online disediakan oleh Booking.com B.V., yang merupakan sebuah perusahaan swasta perseroan terbatas, didirikan di bawah hukum Belanda dan memiliki kantor-kantornya di Herengracht 597, 1017 CE, Amsterdam, Belanda, terdaftar dalam daftar dagang dari Kamar Dagang di Amsterdam dengan nomor pendaftaran 31047344. Nomor pendaftaran PPN kami adalah NL805734958B01.
Booking.com memiliki kantor pusatnya di Amsterdam, Belanda, dan memiliki beragam anak perusahaan ("anak cabang")di seluruh dunia. Anak perusahaan tersebut hanya menyediakan peran pendukung internal terhadap dan untuk keuntungan Booking.com. Beberapa anak perusahaan tertentu hanya terbatas memberikan layanan bantuan pada pelanggan (hanya melalui telpon).Perusahaan anak cabang tidak memliki situs (dan tidak memiliki kekuatan atau otoritas untuk mengendalikan, mengelola atau memiliki situs). Perusahaan anak cabang tidak memiliki kekuatan atau kekuasaan untuk menyediakan layanan, mewakili Booking.com, atau memasuki kontrak apa pun dengan nama, atau atas nama Booking.com. Anda tidak memiliki hubungan (secara legal atau kontrak) dengan anak cabang. Perusahaan Anak cabang tidak beroperasi dan tidak berwenang untuk bertindak sebagai pelaku layanan Booking.com. Booking.com tidak terdaftar di tempat, lokasi, ataupun kantor manapun di dunia (juga tidak di kantor-kantor perusahaan afiliasinya dan kantor cabangnya), selain daripada kantor resminya di Amsterdam.